UTS Seminar Gizi Sesi 02

Jurnal 1 :

j-nutr-2016-haas-1586-92

Jurnal 2 :

j-nutr-2016-sahariah-1453s-60s

Iklan

Aku dan DPM FIKes Periode 2015-2016

IMG_0059

Mereka yang selama 1 tahun ini mengisi hari-hari gue. Mereka yang 1 tahun ini selalu gue bawelin, ocehin, omelin hihi (maafkan daku :*). Mereka yang selama 1 tahun ini jadi separuh dari dunia gue di kampus. Entah kenapa gue bisa se-sayang ini sama mereka, rasanya mereka udah bener-bener jadi keluarga kedua gue. Niatan gue sama kelik mau bentuk tim yang solid rasanya bener-bener tercapai berkat kalian. Seneng banget, bangga, gue sama kelik ga salah pilih kalian. 1 tahun bareng-bareng kalian itu berasa cepet banget, kayanya baru kemaren pelantikan eh sekarang udah pelepasan jabatan aja. Jujur sedih banget rasanya udah ga kerja bareng kalian lagi, tapi semua memang ada masanya. Tak apa  yang penting persaudaraan kita gaakan pernah berakhir 🙂

Pengen deskripsiin satu-satu tentang kalian, biarin kaya bikin novel juga, sekali-kali haha.

DSC_0334

Ini nih bapak ketua gue yang paling-paling pokoknya, Kelik Prio Utomo. Yang batu nya, keras kepala nya luar biasa, untung sebelumnya pernah kerja bareng, jadi 1 tahun jadi wakilnya doi udah paham kok wkwk.  Tapi berkat kelik gue banyak banget belajar gimana caranya buat jadi pemimpin, buat ngatasin masalah, buat ngambil keputusan, buat ngontrol emosi gue yang selalu meledak-meledak hehe. Walaupun sering dikerjain sama doi di akhir-akhir periode buat ngewakilin doi, handle rapat, sampe handle acara karna doi sibuk nyusun KTI tapi dari situ justru gue dapet kesempatan ‘nyobain’ gimana rasanya jadi pemimpin yang sesungguhnya dan 1 lagi walaupun gue cuma wakil tapi doi suka kasih kesempatan gue buat jadi ketua sidang hihi alhamdulillah bisa ngerasain 😀 Intinya mah akhirnya periode kita selesai juga ya lik, akhirnya bisa bangun DPM FIKes yang mudah-mudahan lebih baik. Akhirnya juga lu bisa nyelesaiin 1 periode, yang katanya mau ngundurin diri di tengah periode 😛 bangga kan? makannya jangan gampang nyerah 😛 hahaha. Gaada lagi deh yang dadakan ngeline gue “es gue gabisa ikut rapat, handle ya”, “es gue mau bimbingan dulu”, “es ada yang minta ttd tp gue seharian di rs”, “es gue telat ya”, “es wakilin gue ya” dan kalo gabisa gabung selalu nanya “es gimana tadi?” “es gimana persiapan acara?” “tolong ini ya, tolong itu ya” hahaha maafin gue ya lik yang sering ngedumel, belum bisa jadi wakil lu yang baik, bukannya bantuin lu malah sering ngerepotin lu, apa-apa nanya mulu, bingung mulu, dan belum bisa tegar hehe. Terimakasih pokoknya udah percayain gue buat jadi wakil lu, sukses lah pokoknya buat KTI nya.

IMG_9765

Yah fotonya ngeblur 😦 gapapa ya jes, sayangnya tetep sama kok hihi {} Ini Jessica Dwi, keuangan yang paling idola lah pokoknya. Ga salah pokoknya taro dia di bagian keuangan, teliti nya luar biasa. Makasih jessi udah mau pusing-pusing ngecekin lpj-lpj yang kadang-kadang bikin emosi hehe. Besok-besok udah gaada lagi line dari jessi “es ini udah jessi buat rincian anggarannya, coba di cek ya es ada yang kurang ga” maafin esti kadang-kadang suka pusing liat anggaran wkwk. Makasih juga udah sering dengerin curhatan esti yang ga penting kalo bete, udah mau nemenin beli susu/beli makan kalo esti laper hehe sayaaaang jessi lah pokoknya, udahan ya jes capek-capeknya, semangat KTI nyaaa :*

IMG_0051

Yang ini Monika Widyastuti, ketua komisi gbhko yang the best haha. 2 kali ya mon jadi ketuplak gara-gara ulah anak buah yang pergi begitu saja 😛 wkwkwk. Btw maafin esti ya mon yang suka ikut-ikutan ngecengin di pkm (gara-gara winda mon wkwk) Makasih buat kerja kerasnya mon, stress barengnya nyiapin acara hearing & apalagi mubes akhir yang paling-paling nurutin maunya pak ketu, ketawa-ketawa ngakak buat ngilangin lelahnya otak hahaha. Besok-besok kabarin ya mon kalo mau makan dikantin biar masih bareng-bareng haha. Makasih juga udah mau dengerin curhatan seorang wakil wkwk. Jangan sombong-sombong ya mooonn, sukses KTI nyaaa :*

DSC_0271

Nah ini nih anak yang paling rempong, paling lemes mulutnya minta dilakban, tapi paling care, Angga Darmawan R.P. Anak paling hitz, paling sombong sejagat raya wkwk. Yang sering bilang gue bawel padahal dia sendiri sama aja bawelnya (jadi kebayang kan kalo gue sama dia jadi mc kaya foto diatas gimana jadinya hahaha). Sama-sama zero mistake ya ngga motto hidup kita pokoknya harus perfect wkwk. Makasih untuk pertama kalinya esti punya sekretaris cowo dan mau nurutin apa kata esti hehe. Makasih udah selalu semangatin esti yang lemah ini, tau aja kalo esti mau netes eh dateng (tapi abis itu mulutnya lemes lagi) wakakak.Tapi gantian ya ngga mubes akhir kemaren angga yang nyamperin esti langsung nangis kejer (almet esti sampe basah-_-) hahahaha. Tetep jadi angga yang care ya, kurang-kurangin sombongnya nak nanti kena azab wakakaka 😀 😀

_MG_9274

Ini Sherly Sintia, yang diem tapi sebenernya memendam sejuta misteri haha. Makasih banyak ya sher udah mau kerja keras sampe akhir, jadi sekretaris mulu, diribetin mulu haha. Maafin esti yang kalo di bbm “ka esti sherly udah kirim email tolong di cek ya udah bener apa belum?” kadang-kadang suka slow respon, males download emailnya hehe. Sama-sama anak jurusan gizi tapi beda angkatan yang sering curhat-curhatan gimana rasanya dicuekin sama angkatan sendiri wkwk. Ciyeee sherly yang mubes akhir nonton video udah megangin sapu tangan dari awal haha. Jangan bosen-bosen di DPM ya sher, sherly punya kinerja yang bagus. Sayang sherly{}

IMG_2584

Ini nih Alfian Aroododo. Bisa dibilang yang paling sering bareng-bareng. Sampe orang-orang bilang “esti mah kalo sama alfian ngobrolnya panjang” yah gimana ya al kita satu pemikiran sih ya walaupun ini anak satu kalo ngomong suka ga diayak tapi esti bisa liat kok niatnya baik haha. Yang paling sering esti datengin kalo ada apa-apa, yang paling bisa diandelin kalo ada apa-apa, yang ga cuma curhat masalah organisasi tapi semua-semuanya sampe soal gebetan wkwk. Yang hampir tiap hari ngeline “dimana ka? mau ngobrol” atau kalo ketemu “tar ke pkm ya ka, ada yang mau gue omongin” tapi besok-besok mah udah engga ya al? duhhh 😐 Yang banyak banget bantuin esti, yang sering liat bete nya, capek nya, kesel nya, sampe nangis nya gue wkwk maapin ya al udah sering banget dibawelin + digangguin gue. Makasih buat semua bantuan & waktunya ya al. Kurang-kurangin genitnya, kurang-kurangin kalo di telfon malah dialihin ke video mau pamer lg sama cewe wkwk. Yang sebenernya mah melow orangnya tapi sok tegar haha :p Ciyeeee sekarang udah jadi pengganti nya kelik ya al, udah jadi ketua DPM FIKes, semoga alfian bisa amanah, semoga DPM jauh lebih baik lagi. Semangaaat ya al, inget banget prosesi nyari wakil sampe drama H-1 pendaftaran ditutup wkwk. Jangan sombong-sombong ya al, you know what I feel. Gue selalu terbuka kalo lu mau curhat 🙂 Ajak-ajak kalo mau nongkrong, apalagi ke mekdi 😛

_MG_9241

Endah Puspitasari. Yang baru deket di DPM ini, tapi udah kaya deket lama ya haha. Yang sering curhat-curhatan sampe mewek ya ndah, yang gampang banget mewek juga kalo ada yang mengharukan atau sedih wkwk lemah banget kita x_x. Makasih ya ndah udah sabar banget sama esti, maafin ocehan-ocehan esti, maafin yang suka ngomel-ngomel gajelas. Makasih udah maksimal di DPM. Kurang-kurangin ngakaknya ndah hahaha. Tetep jadi sahabat ya ndah, tetep main bareng, makan bareng, nongkrong bareng walaupun udah ga di DPM lagi. Jangan kebanyakan galauin doi ah 😛 Jangan sombong yaaaaaa{}

_MG_9273

Mayang Sari Agustin. Makasih banyak maayyyy udah kerja keras di DPM, maafin esti yang sering ngomelin, sering minta ubah ini itu yang udah dibikin. Kayanya baru kemaren ya may ga tidur demi mubes awal, gotong-gotong printer pkm ke kostan esti yang segala pake ngambek-ngambekan printernya, tintanya belepotan sana sini haha. Udahan kok may capek-capek, pusing-pusingnya ngurusin acara hehe kayanya mayang lelah banget ya di DPM, makasih banget maaayyyy, jangan sombooongggg:*

IMG_2586

Ini nih Andika Purnama Bhakti. Yang paling gede, paling bongsor, paling ganteng katanya mah tapi paling manja banget haha. Yang sering banget ngerjain esti “besok pagi jam 9 ya mih” taunya masih bobo ganteng dirumahnya, esti mah udah dikampus-_- cuma dika doang yang setia manggil ‘mamih’ berasa banget ibunya tapi sukak 😀 Dika doang yang papahnya sering telp kalo dika belom pulang atau barangnya ketinggalan dan setelah itu esti selalu ngeline temen-temennya dika haha. Besok-besok udah ga apa-apa mamihnya lagi, udah ga ngeline lagi “mih bantuin dong”, “menurut mamih gimana?”, “ketemu bu dekan sama mamih aja biar bantuin ngomong” 😦 Jangan sombong-sombong ya dika ganteng, kurang-kurangin kebonya haha

1459662149387

Yang ini mah udah gausah diceritain lah, udah paling paling semuanya. Cuma winda pertiwi yang paling rese, paling nyebelin, paling mageran, paling suka bikin geregetan emosi, paling minta doicehin terus, tapi paling simbiosis mutualisme ya haha. Gabisa so sweet sama dia mah, pokoknya ya gitu ngalir aja. Yang kerjaannya nge line “toyyy dimana?” disertai huruf kapital P yang banyak-_- atau ga ngeline “toy cek dong bener ga?”, “toy dah makan blm? makan yuk”, “toy abis kelas kemana? pkm yuk gue males ke kostan” mang enak periodenya udah abis gabisa ke pkm lagi mau kemana luh ahahaha. Kurang-kurangin mager nya ya win plizzz. Gausah diminta juga bareng mulu sama elu sejurusan seangkatan sampe bosen wkwk:* gimana rasanya jadi sekretaris win? baru satu acara belom kaya gue kan hahaha.

_MG_9242

Kokoh Rios Husada Putra, yang gak kalah magernya kaya winda. Yang sering banget bikin esti gregetan karna suka tiba-tiba ngilang gajelas atau lagi pacaran haha. Yang sering banget esti omelin kalo acara ataupun di komisi bayangan haha. Yang susah banget dimintain tolong, kalo diomelin malah ngomelin balik-_- yang sebenernya banyak bantuin esti juga dalam proses editing tapi suka ngilangnya itu sih yang bikin minta diceramahin esti mulu wkwk. Makasih yos udah bertahan sampe akhir periode yang katanya mau udahan di tengah periode haha. Maafiiiiin esti yaaaa :*

Itu dia tentang mereka secara personal, sebenernya banyak banget kalo mau diperjelas ceritanya tapi kepanjangan capek juga ngetiknya haha. Intinya terlalu banyak suka & duka yang udah kita rasain, terlalu banyak cerita yang udah kita ukir bareng-bareng. Benar kata pepatah semakin tinggi pohon semakin banyak angin yang menerpa. Tapi 1 hal yang selalu aku syukuri bahwa kita ada untuk saling menguatkan satu sama lain. Terimakasih atas semuanya guys, terimakasih atas 1 periode nya, terimakasih udah bikin esti sayang banget sama kalian dan susah ngelepasnya ❤

Maafin sikap, perbuatan, & perkataan esti yang sering nyakitin ya. Periodenya udah selesai kok, udah ga dibawein lagi, diocehin lagi, diomelin lagi sama esti kok hehe.

Jangan pernah lupain periode kita, jangan pernah sombong satu sama lain, semoga kita akan tetap selalu menjadi keluarga walaupun periode kita telah berakhir. Sukses selalu guys, See you on top! Bakal kangen banget 😥

DSC_0345
I LOVE YOU GUYS ❤

Tugas 1 Pendidikan Gizi

Soal :

  1. Uraikan 4 element penting yang berkontribusi dalam efektifitas pendidikan gizi.
  2. Uraikan apa yang di maksud dengan “perilaku terfokus”

Jawaban :

  1. ※ Fokus pada perilaku/praktek :

→ Pendidikan gizi berfokus pada tindakan dan perilaku individu/masyarakat  yaitu dengan cara mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku kemudian memodifikasi faktor-faktor tersebut. Fokus utamanya yaitu pada masalah perilaku pemilihan makanan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan kesejahteraan individu/masyarakat, tidak hanya sekedar menyebarkan  informasi gizi secara umum.

※ Penggunaan Teori :

→ Pendidikan Gizi menggunakan teori dan bukti dalam desain pendidikan gizi. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan efektivitas karena teori merupakan peta mental tentang suatu perilaku yang terjadi dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan sebelum melakukan intervensi, serta sebagai pedoman bagi pendidik gizi dalam merancang intervensi dan membuat evaluasi.

※ Beberapa Tingkat dan Durasi yang cukup :

→ Pendidikan Gizi menggunakan berbagai saluran/media untuk menyampaikan pesan dengan intensitas yang signifikan selama periode yang cukup waktu.

※ Strategi :

→ Pendidikan Gizi mengembangkan strategi untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu perilaku atau mediator potensial perubahan dan konteks lingkungan.

  1. Perilaku terfokus yaitu tindakan yang benar-benar terfokus/memperhatikan perilaku individu atau masyarakat. Dalam hal ini pendidikan gizi terfokus pada perilaku yang menjelaskan apa saja yang menjadi faktor terhadap perubahan perilaku dan apa saja yang mempengaruhi terjadinya perubahan perilaku serta memiliki tujuan agar adanya perubahan perilaku yang dilakukan oleh individu/masyarakat untuk menerapkan pendidikan yang telah diberikan dan mencapai hidup yang lebih baik.

Tugas 2 Pendidikan Gizi

Soal :

  1. Untuk merubah perilaku gizi, sesorang harus terlebih dahulu termotivasi untuk melakukan perubahan. Menurut saudara apa yang dimaksud dengan ‘termotivasi’?
  1. Berilah contoh ‘seseorang telah termotivasi untuk merubah perilaku’. (jawaban harus rinci)

Jawaban :

  1. Termotivasi → sebuah dorongan yang membuat seseorang melakukan sesuatu atas dasar keinginannya sendiri yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya seperti keluarga, atau informasi dari media.
  1. Contohnya pada iklan susu anak-anak dimana pada iklan tersebut diperlihatkan seorang anak yang tumbuh tinggi dengan cepat hanya dengan minum susu, dan dengan badan yang tinggi, anak tersebut dapat melakukan berbagai hal seperti bermain basket atau memikat perhatian temannya. Iklan tersebut tentunya memikat perhatian anak-anak usia sekolah yang masih dalam masa pertumbuhan sehingga termotivasi untuk meminum susu dan meminta orang tua nya untuk selalu membeli susu tersebut karena ia ingin menjadi seperti anak yang di iklan tersebut.